Bimtek level 4-berbagi Prov. Sulawesi Barat

Bimbingan Teknik Pembelajaran berbasis tik (pembatik level 4/ level berbagi) 
Propinsi Sulawesi Barat

Jadwal berbagi

Pengantar

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini yang semakin pesat memberikan tantangan tersendiri bagi semua aspek kehidupan. Aktifitas keseharian senantiasa secara langsung atau tidak langsung bersentuhan dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Namun, pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan dirasakan belum optimal, khususnya bagi guru yang mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan TIK. Saat ini, dengan berkembangnya koneksi internet yang kian meluas dapat menjadi sarana bagi guru dalam mencari sumber belajar maupun melakukan tes secara online.



Pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran diperlukan untuk mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa, mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT Literacy) itu sendiri, dan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kompetensi keahlian yang cukup untuk memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga lebih optimal dalam penyampaian materi pelajaran di sekolah.
Saat ini masih banyak guru yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam pembelajaran. Minimnya kegiatan peningngkatan kualitas dan kompetensi guru untuk memanfaatan TIK dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhinya . Banyak pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan pola-pola konvensional, yang sering dikenal dengan pembelajaran berpusat pada guru.
Berdasarkan hal tersebut, mengingat pentingnya penguasaan TIK bagi guru untuk mendukung pelaksanaan tugasnya (penyusunan perencanaan, penyajian pembelajaran, evaluasi dan analisis hasil evaluasi)  maupun sebagai sarana untuk mencari dan mengunduh sumber-sumber belajar maka penguasaan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan menjadi kesatuan dalam pembelajaran sehingga tercipta peserta didik yang lebih aktif dan mandiri.
Oleh karena itu Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) sebagai salah satu unsur pendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengembangkan berbagai produk di antaranya adalah portal pembelajaran berupa Rumah Belajar dengan alamat https://belajar.kemdikbud.go.id serta sebagai penanggungjawab dan pengelola TIK untuk pendidikan secara nasional akan mengadakan kegiatan Peningkatan Kompetensi TIK Guru untuk Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Web. Kegiatan Peningkatan Kompetensi TIK Guru untuk Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Web dikemas dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek). Pedoman Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi TIK Guru untuk Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Web ini dibuat untuk mendukung pelaksanaan Bimtek dan sebagai bahan acuan/ pedoman bagi penyelenggara, peserta, dan unsur yang terkait dengan penyelenggaraan kegiatan Bimbingan Teknis Pembelajaran Berbasis TIK (Pembatik Level 4/Level Berbagi).

Peserta pembaTIK lebel 4 - berbagi Prov. Sulawesi Barat

Penulis: M.I

Post a Comment

[blogger][facebook][disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget