Yuk ikut (PKB) pada Portal Rumah Belajar

Manfaat Fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada Portal Rumah Belajar  


web Simpatik

Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran khususnya TIK yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk memfasilitasi pendidik dalam meningkatkan Kompetensi berbasis TIK adalah dengan menghadirkan Portal Rumah Belajar. Selain menyediakan berbagai fitur yang menyajikan bahan belajar dan fasilitas komunikasi antar komunitas, Portal Rumah Belajar juga menyediakan Fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yaitu sebuah fitur yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama kompetensi yang berkaitan dengan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran. Fitur ini menyediakan informasi tentang  bimbingan, workshop, pelatihan, seminar, dan perlombaan yang berkaitan dengan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.


Untuk dapat mengakses Fitur PKB pada Portal Rumah Belajar, kita harus mendaftar atau membuat akun pada laman Sistem Informasi Manejemen Pelatihan Berbasis TIK (SimpaTIK) yang langsung akan muncul ketika kita meng-klik menu Fitur PKB pada Portal Rumah Belajar. Ketika mendaftar, kita akan diminta untuk mengisi informasi terkait data diri seperti nama, alamat, e-mail, data kepegawaian, dan lain-lain. Setelah pendaftaran berhasil, maka kita akan dapat masuk dan mengakses laman SimpaTIK dengan menggunakan alamat e-mail dan password yang digunakan ketika mendaftar. Setelah berhasil masuk menggunakan akun yang kita miliki, kita dapat menemukan informasi terkait pelatihan, seminar, atau perlombaan yang akan dilaksanakan. Pada setiap menu pelatihan, seminar, atau perlombaan yang disajikan akan dilengkapi dengan informasi terkait materi, waktu, tempat, dan metode pelaksaanaannya, bila kita berminat untuk mengikuti pelatihan, kita bisa langsung mendaftar pada menu pendaftaran yang telah disediakan. Selanjutnya, kita tinggal menunggu konfirmasi status pendaftaran, apakah kita diterima sebagai peserta atau tidak. Bila kita diterima sebagai peserta pelatihan, maka kita akan diberikan akses untuk masuk ke kelas pelatihan yang di sediakan.

Ada dua metode pelaksaanaan pelatihan yang ditawarkan, pelatihan dalam jaringan (online) atau luar jaringan (offline) atau pelatihan tatap muka di temapat yang telah ditentukan. Untuk itu, sebelum mendaftarkan diri menjadi peserta pada sebuah pelatihan, ada baiknya kita membaca informasi rinci terkait metode pelaksanaan pelatihan karena biasanya untuk pelatihan tatap muka, penyelenggara tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi peserta. Bila pelatihan yang kita ikuti dilaksanakan dalam jaringan (online), biasanya kita akan diminta untuk mempelajari modul materi yang telah disediakan kemudian mengerjakan penugasan-penugasan yang diberikan. Pada beberapa pelatihan, biasanya akan ada ujian akhir yang juga dilaksanakan dalam jaringan (online). Bila kita telah memenuhi semua kriteria dan syarat yang ditentukan untuk dapat dinyatakan lulus dalam pelatihan yang kita ikuti, maka kita akan memperoleh sertifikat yang dikirim secara langsung atau bisa kita unduh pada menu ‘Sertifikat Saya’ pada akun SimpaTIK yang kita miliki.



Setelah mengikuti beberapa pelatihan dalam jaringan (online) yang diadakan oleh Pusdatin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, seperti Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) 2020 mulai Level 1 dan Level 2, Level 3, serta Workshop PembaTIK Sulawesi Barat 2020 Level 4 melalui fitur PKB pada Portal Rumah Belajar, banyak sekali ilmu dan pengalaman baru yang saya dapatkan terutama berkaitan dengan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran seperti pembuatan video pembelajaran dan berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan TIK di kelas. Penugasan-penugasan yang diberikan menuntut guru untuk menerapakan materi yang telah diperoleh, sehingga secara bertahap guru sebagai peserta pelatihan mulai mencoba untuk mempraktikan ilmu yang didapat terkait pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Selain itu, berkumpul dalam sebuah pelatihan yang diikuti para pendidik yang memiliki kemapuan TIK yang beragam dengan semangat untuk terus belajar secara tidak langsung dapat meningkatkan motivasi diri untuk terus belajar dan meng-upgrade diri. Dengan Fitur PKB pada Portal Rumah Belajar, setiap guru memperoleh kesempatan untuk meningkatkan literasi TIK secara gratis di mana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja tanpa harus meninggalkan kewajibannya sebagai guru di sekolah.
 








Post a Comment

[blogger][facebook][disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget