Yuk Intip!!! Aplikasi Manajemen Proyek dalam Mendukung Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok.

👨👩 Halo #SahabatEdukasi, hari ini kita akan membahas #JumatManfaat tentang Aplikasi Manajemen Proyek dalam Mendukung Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok.


Pada masa pandemi untuk memantau pekerjaan/tugas kerja tim/kelompok agak sulit dilakukan secara tatap muka langsung. Permasalahan ini dapat diatasi dengan memanfaatkan aplikasi manajemen proyek. Beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan antara lain: Asana, Trello, Taiga.io, Zoho Project, Meister Task, Wrike, Orangescrum, Freedcamp, Quip, Timeunr, Milanote, Bitrix24, Slack, Google (Google Drive, Google Task, Google Keep). 
Asana jadi salah satu project management app yang populer dan sangat direkomendasikan karena dapat membuka ruang obrolan secara personal atau terbuka. Fitur ini tentu sangat berguna bagi peserta yang sangat memerlukan komunikasi real-time. Selain itu, peserta juga bisa memvisualisasikan target, memantau waktu hingga menetapkan prioritas yang harus dicapai oleh tim.
Sedangkan Trello sebagai salah satu aplikasi manajemen proyek dapat digunakan pendidik dan peserta didik dalam menyajikan fitur board dan card yang dapat membantu merancang rencana kerja, menetapkan target, melakukan pengawasan terhadap suatu pekerjaan, dan koordinasi dengan sesama anggota kelompok.
Dengan berbagai aplikasi manajemen proyek ini diharapkan proyek tugas yang dikerjakan secara tim dapat terealisasi termasuk juga mempermudah pendidik melakukan pengawasan dan penilaian hasil kerja kelompok walaupun di masa pandemi. Tetap semangat berkarya.

Sumber Referensi:
Kemdikbud (2017). Model-Model Pembelajaran. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi laman Pusdatin Kemendikbud berikut:
https://pusdatin.kemdikbud.go.id/asyik-belajar-kelompok.../
Penulis : Dr. Ika Kurniawati
#JumatManfaat
#SahabatEdukasi
#BelajarDariRumah
#MerdekaBelajar
#BelajarDaring
#RumahBelajar
#TelevisiEdukasi
#SuaraEdukasi
#Jardiknas
#KemdikbudRI
#PusdatinKemdikbud

Post a Comment

[blogger][facebook][disqus]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget